Cari Blog Ini

Selasa, 28 Mei 2013

Qawaid Al-fiqhyyah

Dalam kajian fiqih mungkin tidak asing lagi bagi kita mendengar dengan sebutan Qawaid Al-Fiqhiyyah, yg mana qawaid tersebut menjadi rujukan oleh penggiat fiqih didalam menentukan sebuah kebijakan dalam suatu Hukum.
jumlah qawaid fiqhiyaah sendiri terbilan  cukup banyak jika kita  lihat didalam kitab-kitab besar seperti karangan Imam Asy-Syuthi dalam kitab beliau yg berjudul Asybah Wa An-Nazhair. cukup sulit bagi kita yg berkemampuan dibawah rata-rata menghafal semua qaidah tersebut, dan sangat tidak mungkin pula kalau kita selalu membawa kitab-kitab qawaid dalam bepergian kita. maka dari itu saya sedikit meringkas qawaid yg lazim kita temui dalam kajian fiqhiyaah, mudahan dengan ringkasan ini yg saya format dengan bentuk Tabel bisa memudankan kita agar selalu bisa membawanya. dan pula tabel ini sudah saya jadikan format JPG. jadi sahabat semua bisa langsung memprint Out nya.........
Dan mungkin dalam tulisan tersebut banyak ditemukan kekurangan dan kesalah dari penulis sendiri yaitu saya pribadi, jadi saya sangat mengharapkan bagi sahabat untuk memperbaikinya. semoga tulisan tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar